28 Januari 2013 – Menguasai Diri

Baca: Roma 12:1-3
“Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.” (Roma 12:3)

Aspek menguasai diri adalah: Percaya diri dan tahu diri. Ada perbedaan antara Percaya diri dengan sombong. Jika sombong lebih membandingkan dirinya dengan orang lain, sebaliknya ‘percaya-diri’ lebih berfokus pada persamaan antara manusia. Orang akan percaya diri jika ia merasa sama dengan orang lain. Merasa memiliki perbedaan, justru akan menimbulkan sikap negatif. Merasa lebih rendah disebut rendah-diri. Sementara orang yang merasa lebih baik disebut sombong’. Saat kita merasa kita memiliki kesamaan dengan orang lain, maka kita bisa mendapatkan atau memiliki kehebatan seperti orang hebat lain. Percaya diri berfokus kepada keyakinan akan potensi yang diberikan Allah kepada dirinya.

Anugerah yang terbesar yang diberikan Allah kepada umat-Nya, adalah: kemampuan untuk percaya kepada-Nya, atau iman. Masing-masing kita mempunyai iman, menurut ukuran yang dikaruniakan Allah kepada kita. Berbahagialah Anda ketika Anda mengetahui ukuran iman Anda, dan memberdayakannya secara maksimal. Memikirkan diri sendiri lebih dari sepatutnya, atau kurang dari sepatutnya adalah dosa.
Jadi tahu diri adalah penting. Percaya diri dan rendah hati adalah sikap yang positif, sedangkan sombong dan rendah diri adalah negatif. Jikalau Anda percaya ‘penuh’ akan firman Allah, Anda akan sukses, Anda akan menggenapi destiny Anda yang Tuhan telah tetapkan bagi Anda menurut ukuran iman Anda. TL

JIKALAU ANDA TAHU DIRI ANDA AKAN LEBIH MENGAGUMI ANUGERAH TUHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>