30 Januari 2013 – Otoritas Firman Tuhan

Baca: Matius 15:1-20
“Tetapi jawab Yesus kepada mereka: “Mengapa kamupun melanggar perintah Allah demi adat istiadat nenek moyangmu?” (Matius 15:3)

Sekolah yang diberi nama City Montessori School di kota Lucknow, India, merupakan sekolah terbesar di dunia saat ini. Karena besarnya, sehingga mendapatkan penghargaan Guinness World Records. Sekolah ini memiliki sebanyak 39.437 siswa yang terdaftar pada tahun akademik 2010-2011. Pihak sekolah mengatakan, jumlah pendaftaran telah meningkat di atas 45.000. Sekolah itu memiliki 2.500 guru, 3.700 komputer dan 1.000 ruang kelas. Sekolah ini pertama kali di buka atau didirkan Jagdish Gandhi dan isterinya Bharti pada tahun 1959 dengan pinjaman 300 rupee (setara Rp.58.000 nilai uang pada saat ini) dan hanya memiliki lima orang siswa. Luar biasa, hingga saat ini sekolah tersebut telah berkembang hingga lebih dari 20 lokasi di Lucknow, ibu kota negara bagian Uttar Pradesh, dan terkenal dengan hasil ujian dan program pertukaran internasional.

Pendidikan sangat penting, sehingga perkembangan sekolah-sekolah pada saat ini berlomba untuk memberikan kualitas yang terbaik. Meskipun begitu, melalui perikop ini kita merenungkan, bahwa pendidikan firman Tuhan harus mendapatkan tempat prioritas. Tuhan Yesus menegor dan mencela orang Farisi dan ahli-ahli Taurat ketika mereka menempatkan firman Tuhan setelah adat istiadat. Yesus sedang memperingatkan orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat untuk menempatkan firman Tuhan di atas pendidikan manusia.

Kadang kita mengabaikan pelajaran-pelajaran firman di gereja. Oleh sebab itu, biarlah firman Tuhan berkuasa atas Anda. Jadikan firman Tuhan sebagai acuan, pedoman terlebih filter pelajaran-pelajaran dari dunia. SP

FIRMAN TUHAN BUKAN UNTUK DIKOLABORASIKAN DENGAN AJARAN DUNIA, TETAPI JADIKANLAH FILTER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>