7 Februari 2013 – Menyangkal Diri

Baca: Matius 16:21-28
“Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.” (Matius 16:24)

Banyak orang berpendapat bahwa menyangkal diri itu sama dengan menderita. Hal ini tidak benar, karena penderitaan banyak yang diakibatkan kesalahan kita sendiri. Menyangkal diri adalah menyalibkan/mengubur manusia lama kita bersama Kristus (Roma 6:6), dan sebagai gantinya kita memperhidupkan Kristus di dalam hidup kita sehari-hari. Rasul Paulus mengatakan dalam Galatia: “Sebab aku telah mati … supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku … ” Inilah konsep menyangkal diri yang benar.

Hanya orang yang mau memikul salibnya (tersalib bersama Kristus) yang layak (berkenan) untuk mengikut Yesus (Matius 10:38). Hanya orang yang memperhidupkan Kristus yang dapat melakukan Firman Tuhan. Adalah mustahil kita bisa melakukan firman dalam Matius pasal 5-7 tanpa memperhidupkan Yesus. Oleh sebab itu manusia lama kita harus dikubur dan diganti dengan Tuhan Yesus.

Semakin kita berhasil, semakin kita sombong, semakin sulit mendengar pendapat orang lain, semakin kita sulit untuk tunduk, semakin kita sulit untuk diatur. Mengapa? Karena yang hidup dalam diri kita adalah manusia lama/daging yang ingin meninggikan diri sendiri, inilah sumber perpecahan (Galatia 5:19-21). Banyak orang bahkan hamba Tuhan yang besar akan ditolak Tuhan karena mereka tidak mau melakukan kehendak Tuhan (Matius 7:19-21) yaitu memikul salib dan menyangkal diri. Mari kita belajar melakukan firman Tuhan. AHS

BERBAHAGILAH ORANG YANG MENDENGAR DAN MELAKUKAN FIRMAN TUHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>