11 Februari 2013 – Merciful

Baca: Matius 5:1-12
“Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.” (Matius 5:7)

Anda tentu ingat perumpaan tentang hamba yang jahat dalam Matius 18:23-35. Dalam perumpamaan itu ada seorang raja yang mengampuni hamba yang berhutang 10.000 talenta. Sang raja menghapuskan seluruh hutang hamba tersebut. Akan tetapi hamba tersebut tidak sadar jika dia sudah mendapat pengampunan. Ketika ia bertemu dengan hamba lain yang berhutang 100 dinar kepadanya, ia tidak mengampuni temannya itu. Ia menjebloskan rekan sesama hamba ke dalam penjara. Cerita berlanjut sampai akhirnya raja mendengar berita tentang kelakuan jahat hamba yang berhutang 10.000 talenta ini. Akhirnya raja memanggil hamba yang hutangnya sangat banyak itu dan menghukum hamba yang jahat ini.
Hamba jahat ini tidak menunjukkan apa yang namanya murah hati. Dalam Alkitab bahasa Inggris, kata murah hati diterjemahkan dengan kata merciful. Menurut kamus Oxford, merciful berarti rasa sayang atau pengampunan yang ditujukan kepada seseorang yang sedang berada dalam posisi terhukum atau berada dalam kekuasaan orang lain.

Hamba yang jahat memohon mercy kepada raja, dan raja melakukan tindakan merciful. Tetapi terhadap rekan sesama hamba, hamba jahat tidak menunjukkan sikap merciful. Karena sikap hamba jahat tersebut, raja membatalkan tindakan merciful.

Sahabat Gandoem Mas, mari kita miliki tabiat merciful agar Tuhan tidak menolak kita ketika kita memohon ampun pada-Nya. Tabiat merciful akan membuat Tuhan selalu menaruh belas kasihan kepada kita. YA

“… AMPUNILAH KAMI SEPERTI KAMI MENGAMPUNI ORANG YANG BERSALAH …” (DOA BAPA KAMI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>