19 Februari 2013 – Diserupakan

Baca: Roma 8:18-30
“Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.” (Roma 8:29)

Setelah kelahiran kembali, kita telah menjadi anak Allah, namun kita masih perlu diserupakan dengan gambar Putra Sulung Allah (Roma 8:29), agar pada tahap yang lebih maju kita menjadi putra-putra Allah. Bagaimanakah kita dapat diserupakan dengan gambar Putra Sulung Allah? Pertama-tama kita harus memahami bagaimana Putra sulung Allah hidup di bumi. Putra Sulung Allah adalah Manusia Allah. Sebagai seorang manusia, setiap hari Dia berada di bawah bayang-bayang salib, menyangkal dan menyalibkan diri-Nya sendiri. Yang dikatakan-Nya tidak dikatakan dari diri-Nya sendiri dan yang dilakukan-Nya tidak berasal dari kesenangan-Nya sendiri melainkan menurut kehendak Bapa (Yohanes 8:28-29; 14:10).

Hari ini, kita sebagai orang-orang yang telah diselamatkan, adalah putra-putra Allah. Tetapi, hidup kita belum serupa dengan putra-putra Allah. Apakah kita hidup serupa dengan Putra Sulung Allah atau tidak, tergantung pada apakah kita hidup di bawah bayang-bayang salib atau tidak. Jika kita ingin mengalami diserupakan dengan gambar Putra Allah, kita perlu setiap hari diserupakan dengan kematian-Nya (Filipi 3:10). Sudahkah kita mati terhadap diri sendiri ketika berhadapan dengan isteri, suami, atau anak-anak kita? Ini bukanlah perihal kesabaran. Kita tidak perlu berusaha sebaik mungkin untuk bersabar, kita hanya perlu untuk mati. Untuk itu kita perlu senantiasa berdoa dan masuk dalam persekutuan dengan Tuhan (Yohanes 15:4-6).

Semakin berdoa, kita semakin tahu bagaimana caranya mati terhadap diri sendiri. AHS

YANG KUKEHENDAKI IALAH AKU MENJADI SERUPA DENGAN YESUS KRISTUS DALAM KEMATIAN-NYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>