21 Februari 2013 – Bukan Untuk Dipuji

Baca: 1 Raja-raja 18:1-15
“Karena pada waktu Izebel melenyapkan nabi-nabi TUHAN, Obaja mengambil seratus orang nabi, lalu menyembunyikan mereka lima puluh lima puluh sekelompok dalam gua dan mengurus makanan dan minuman mereka.” (1 Raja-raja 18:4).

Pada tahun 1860, kapal Lady Elgin bertabrakan dengan sebuah perahu pengangkut kayu. Saat itu malam sedang penuh badai. Lady Elgin pun karam. Sebanyak 393 orang penumpangnya terapung-apung di perairan danau Michigan. Dua ratus tujuh puluh sembilan orang di antaranya tewas tenggelam. Di kala panik, seorang mahasiswa bernama Edward Spencer terjun ke dalam air berkali-kali untuk menyelamatkan sesama penumpang. Ia pun berhasil menghela 17 orang dari air yang sedingin es. Akhirnya ia mengalami kelelahan yang luar biasa. Ia pun pingsan. Ketika sadar, ia sudah tidak bisa berdiri lagi. Selama hidupnya, Spencer terkurung dalam sebuah kursi roda. Bertahun-tahun kemudian, seseorang bertanya tentang apa yang paling diingatnya pada malam yang naas itu. Edward menjawab, “Yang jelas tidak seorang pun dari 17 orang itu yang datang untuk mengucapkan terimakasih padaku.” Sulit dipercaya.

Hal yang sama terjadi kepada Obaja. Ia tanpa pamrih menjadi pegawai Ahab raja Israel. Obaja yang takut Tuhan itu, berani mengambil langkah yang beresiko besar dengan menyembunyikan nabi-nabi Tuhan dan mengurus makan dan minumnya. Padahal nabi-nabi tersebut dicari-cari untuk dibunuh oleh Izebel, isteri raja Ahab. Obaja tidak hanya berani mati, tapi dia juga berani memberi, meskipun saat itu krisis sedang melanda Israel, sebab tidak ada hujan selama tiga tahun.

Sahabat Gandoem, Obaja melakukan perbuatan tanpa pamrih. Malahan apa yang dilakukannya itu dapat membahayakan kedudukan dan keluarga. Apakah Anda juga berani berkorban dengan apapun buat orang lain? HR

LAKUKAN YANG BENAR, SEBAB ANDA ORANG BENAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>