25 Februari 2013 – Jaga Perkataan Anda

Baca: Amsal 10:8-21
”Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.” (Amsal 10:19)

Seorang Ibu, tetangga saudara saya, setiap hari mengomel kepada pembantunya. Awal bertetangga, kami berpikir bahwa mungkin memang pembantunya berbuat kesalahan, sehingga sang majikan mengomel. Ternyata setelah hampir enam bulan bertetangga, si ibu tersebut tetap melakukan hal yang sama bahkan hampir setiap hari. Kata-kata yang diucapkan pun kadang menyakitkan hati bagi kami yang mendengar. Apa lagi bagi orang yang dituju oleh kata-kata tersebut. Seolah-olah pembantu itu tidak pernah melakukan hal yang benar di mata sang majikan.

Suatu hari, sang majikan kembali mengomel kepada pembantunya. Mungkin sang pembantu sudah tidak tahan mendengar hal yang sama terus-menerus, sehingga dia mengambil pisau dapur dan melukai muka dan kepala sang majikan lalu meninggalkannya dengan berlumuran darah.

Dalam renungan kita hari ini dikatakan “siapa bodoh bicaranya akan jatuh. Mulut orang bodoh adalah kebinasaan yang mengancam. Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.” Kadang saat kita bercanda pun, orang lain bisa tersinggung. Apalagi, kata-kata yang di ucapkan langsung tertuju kepada seseorang dan membuatnya merasa dihakimi. Karena itu, kita perlu berhikmat dan bijak dalam berkata-kata.

Yakobus 3:9 berkata, “Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah.” Juga Matius 15:18 mengatakan, “Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.” Karena itu jagalah perkataan Anda, supaya tidak menyakiti orang lain dan membawa dampak negatif bagi Anda sendiri. Sudahkah perkataan Anda memuliakan Tuhan? EJG

MENURUT UCAPANMU ENGKAU AKAN DIBENARKAN, ATAU ENGKAU AKAN DIHUKUM.
(Matius 12:37)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>