28 Februari 2013 – Bala Tentara Allah

Baca: Yosua 5:13-15
“Dan Panglima Balatentara TUHAN itu berkata kepada Yosua: “Tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat engkau berdiri itu kudus.” Dan Yosua berbuat demikian.” (Yosua 5:15)

Arema, merupakan sebuah club sepak bola dari kota Malang, Jawa Timur. Nama Arema kali pertamanya muncul dalam legenda kidung Harsawijaya yang menuliskan kisah sepak terjang Patih Kebo Arema saat Kerajaan Singosari diperintah Raja Kertanegara. Patih Kebo Arema, merupakan abdi kerajaan Raja Kertanegara yang menumpas pemberontakan Kelana Bhayangkara, seperti tertuang dalam tulisan kidung Panji Wijayakrama, termasuk menghancur leburkan upaya pemberontakan Cayaraja seperti ditulis dalam kitab Negarakertagama, dia adalah tentara yang taat kepada rajanya sehingga dia di percaya raja untuk memperluas daerah kekuasaan raja Kertanegara sampai ke Malaysia.

Seperti halnya dengan ketaatan Kebo Arema, Yosua pun juga mau taat sekalipun itu perintah yang sederhana. Di ayat 13 Yosua melihat seorang laki-laki dan dia menyebut Panglima Balatentara Allah, menurut penafsir itu adalah Malaikat Allah yang membantu Yosua menaklukan kota Yerikho. Panglima itu menyuruh Yosua melepas kasutnya karena tempat Yosua dan panglima itu adalah kudus dan saat itu juga Yosua taat. Di sini ketaatan Yosua terlihat. Melalui ketaatan Yosua inilah, kemudian Panglima Balatentara Allah memberikan perkara-perkara yang besar, yaitu kemenangan dalam menaklukkan tanah perjanjian.

Sahabat Gandoem Mas, kita juga adalah prajurit-prajurit Kristus. Sebagai seorang prajurit yang setia, maka kita pun harus menunjukkan ketaatan kita kepada Panglima kita, yaitu Yesus Kristus. Kita tidak berperang memperebutkan kota atau saling membunuh, tapi kita telah di pilih menjadi prajurit-Nya untuk memenangkan banyak jiwa. Anda prajurit Kristus? Taatilah perintah-Nya. YEP

JADILAH TENTARA ALLAH YANG TAAT DAN SETIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>