02 Maret 2013 – Kekristenan itu Berbuat

Baca: Lukas 10:25-37
“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka …” (Matius 7:12)

Seorang ibu yang miskin, tiga hari berturut-turut datang ke posko saweran untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia berkata bahwa masih banyak mereka yang lebih miskin dari dia ingin menyumbang pembangunan gedung KPK karena mereka percaya, “korupsilah yang memiskinkan negeri ini” (Kompas, 17 Oktober 2012).

Dalam kekristenan, Tuhan Yesus tidak memerintah dari sorga, melainkan Dia turun ke dunia, ke jalan dan ke lorong, menyapa dan melakukan tindakan nyata untuk menolong semua orang yang membutuhkan. Kekristenan tidak bisa hanya dari atas mimbar saja, melainkan harus ada realitanya. Kekristenan itu hal berbuat dan juga tentang hal keteladanan. Jika setiap orang Kristen, baik dia itu hamba Tuhan atau kaum awam yang dapat melakukan tindakan kristiani sekecil apapun, maka Tuhan dapat melakukan banyak perkara besar melalui kehidupan dan pelayanannya.

Demikian juga, gereja Tuhan bukan sekedar tempat berkumpul, namun gereja juga harus ikut bergerak dalam kehidupan jemaatnya. Meskipun hal berbuat ini bukan hanya tugas gereja semata. Dengan gerakannya yang nyata, gereja dapat membawa jemaat untuk ikut bersama membangun kerajaan Allah di dunia ini. Dengan demikian Tuhan Yesus dipermuliakan di tengah orang-orang yang juga belum percaya kepada-Nya.

Saudaraku, bagaimana sikap dan tindakan hidup Anda sebagai orang yang mengaku sebagai pengikut Kristus? Sudahkah kehidupan Anda sehari-hari melakukan tindakan nyata yang memberkati bagi orang-orang di sekitar Anda? Tunjukkanlah iman Anda melalui perbuatan nyata. RDM

KEKRISTENAN BUKAN AGAMA, TETAPI GAYA HIDUP YANG BERDAMPAK POSITIF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>