06 Maret 2013 – Kasih Perlu Disiplin

Baca: Amsal 13:24
“Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.” (Amsal 13:24)

Tanpa kasih, tidak ada hidup yang bertumbuh dengan sehat. Setiap orang harus mengasihi dan dikasihi. Kasih adalah salah satu aspek hidup manusia paling penting. Banyak manusia menjadi “abnormal” karena tidak ada kasih. Jika tidak mendapat kasih, manusia tidak akan bertumbuh menjadi pribadi yang baik. Dan dia pun tidak dapat mengasihi sesamanya dengan benar. Jika sekarang Anda menjadi orang seperti itu, mungkin dulu Anda pun tidak mendapatkan kasih yang benar. Karena itu, kita perlu berhati-hati dalam mendidik dan memperlakukan anak-anak kita supaya mereka bertumbuh di dalam kasih yang benar.
Ada juga penerapan kasih yang kurang tepat, misalnya: “kasih yang bersifat memiliki.” Yaitu membuat ketergantungan berlebihan, akibatnya dia tidak mandiri. Karena dengan alasan kasih, ada orang memberikan semua yang diinginkan anaknya, bukan yang dibutuhkannya. Sehingga anak itu akan bertumbuh dalam kurang bertanggungjawab meskipun untuk dirinya sendiri.

Ada juga “kasih yang bersifat menggantikan.” Misalnya kita tidak mencapai cita-cita kita. Kemudian kita memaksa anak kita untuk mencapainya. Kita memenuhi segala keinginannya tetapi dengan syarat mau mencapai cita-cita kita. Ini juga tidak benar.

Pilih kasih kepada anak yang punya kelebihan. Ini bukan penerapan kasih yang benar. Karena hal ini akan menimbulkan iri hati, kecemburuan dan masalah-masalah di antara anak-anak Anda.
Kasih yang benar adalah menghajar pada waktunya, tetapi bukan menginginkan kecelakaannya. Tetap mengasihi namun juga mendisiplin dengan benar karena menginginkan pertumbuhan yang normal bagi dia. Sudahkah Anda melakukannya? YK

DISIPLIN TANPA KASIH ADALAH SALAH, DAN KASIH TANPA DISIPLIN ADALAH BOHONG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>