23 Maret 2013 – Cemas Tak Beralasan

Baca: Matius 6:25-34
“Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.” (Pengkhotbah 3:11)

Saya termasuk orang yang suka cemas. Memikirkan hal-hal yang belum terjadi dengan penuh ketakutan. Sebagai contoh: “Ketika saya remaja, saya pikir menikah itu susah.” Bagaimana melahirkan anak, bagaimana mengajar anak, bagaimana melayani suami, dan lain sebagainya. Ketika saya memasuki usia 40 tahun, saya mulai berpikir “bagaimana kalau sudah tua, kalau nanti umur 50 atau 60 tahun badan mulai sakit-sakitan semua, organ tubuh tidak lagi berfungsi dengan baik. Mata kurang pengelihatan, telinga kurang pendengaran, tangan dan kaki mulai lemah, tidak lagi bisa bekerja dengan baik, dan lain sebagainya”

Saat ini saya menertawakan diri saya sendiri, karena apa yang dahulu pernah saya cemaskan tidak terbukti sama sekali. Memang secara tubuh jasmani, semuanya mulai menurun. Pandangan mata mulai berkurang, kaki mulai sakit-sakitan. Namun ketika itu terjadi, tetap ada rasa damai di hati. Kegiatan sehari-hari tetap berjalan dengan baik, pelayanan masih terus berlanjut, pekerjaan masih bisa dikerjakan dengan baik. Semuanya indah pada waktunya. Tuhan kita itu memang luar biasa. Firman-Nya sudah terbukti dalam kehidupan saya pribadi.

Dalam tiap fase kehidupan kita, Allah senantiasa memelihara dengan heran. Situasi dan kondisi boleh berubah, tubuh jasmani boleh semakin melemah, namun kasih Allah tidak pernah berubah. Kekuatan yang diberikan bagi kita terus ditambahkan-Nya. Bahkan Tuhan menggendong kita kalau kita sudah tidak kuat lagi berjalan (Yesaya 46:4). Percayalah dengan segenap hati! RDM

JANGAN PIKIRKAN HAL-HAL YANG BELUM TENTU TERJADI, PIKIRLAH KASIH DAN PENYERTAAN TUHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>