28 Maret 2013 – Tabir Bait Suci

Baca: Markus 15:33-39
“Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya. Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah.” (Markus 15:37-38)

Tabir yang dibuat oleh Musa karena perintah Tuhan dalam bagian Kemah Suci adalah untuk pemisah antara tempat kudus dan tempat maha kudus (Keluaran 26:33). Para imam hanya akan memasuki ruang maha kudus sekali setahun. Dan yang masuk pun hanyalah satu orang saja, menurut hasil undian yang dilakukan (bandingkan: Lukas 1:8-9). Dan orang yang terpilih untuk masuk akan diikatkan tali pada kakinya, sebab jika sesuatu terjadi padanya maka orang itu akan ditarik keluar. Biasanya ketika seorang imam bertugas memasuki ruang maha kudus, maka para imam yang lain akan menunggu di ruang kudus. Sebab tidaklah sembarangan orang bisa masuk ke dalam tempat itu. Apa lagi pada saat tidak ada imam yang bertugas ke dalam ruang maha kudus tersebut.

Namun Markus memberitahu kita, “tabir Bait Suci terbelah dua dari atas ke bawah” (38). Ini pasti sangat menakutkan bagi para imam yang  melayani di Tempat Kudus pada saat itu, menyaksikan tabir Bait Suci terbuka. Para imam, tidak pernah ada yang berani mengintip ke dalam Tempat Maha Kudus. Tetapi tiba-tiba, pada saat Yesus mengumumkan, “Sudah selesai” dari atas salib, tirai tebal yang melambangkan pemisahan antara manusia dengan Allah itu terbuka oleh kekuatan yang tidak terlihat. Sehingga para imam dapat melihat Tabut Perjanjian yang ada di dalamnya! Tetapi saya percaya mereka tidak akan berani melihatnya karena takut mati.

Melalui perikop renungan hari ini, kita mengetahui bahwa ketika Yesus menyelesaikan misi-Nya, maka kita dapat langsung datang menghadap hadirat-Nya. Dialah anak domba Allah, korban yang sempurna, Imam Besar kita, yang membayar semua dosa dengan darah-Nya yang kudus. Sudahkah Anda menghampiri-Nya? EJG

TABIR PEMISAH SUDAH DIHANCURKAN, DATANGLAH KEPADA-NYA DENGAN SUKACITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>