05 November 2013 – Pandang Tuhan Saja

Baca: Yohanes 11:1-44
“Ketika Yesus mendengar kabar itu, Ia berkata: “Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.” (Yohanes 11:4).

Sir Percival Lowell adalah astronom ternama pada akhir abad ke-19. Ketika melihat planet Mars dari teleskop raksasa di Arizona, ia melihat ada garis-garis di planet itu. Menurutnya, itu adalah kanal-kanal buatan makhluk planet Mars. Lowell mengabdikan seluruh hidupnya untuk memetakan garis-garis itu. Namun, foto satelit kini membuktikan tidak ada kanal di Mars. Lantas apa yang dilihat Lowell? Ternyata ia melihat pembuluh-pembuluh darah di matanya sendiri saat melihat teleskop! Ia menderita penyakit langka yang kini disebut “Sindrom Lowell.” Ternyata Lowell salah melihat. Kesalahan Lowell adalah ia begitu fokus dengan Mars, sehingga pembuluh matanya yang sakit pun dianggap bagian dari Mars.
Banyak orang salah melihat dan salah fokus dalam setiap persoalan yang terjadi, sehingga salah juga menyikapi dengan benar apa yang sedang mereka alami. Seperti halnya Marta, kematian Lazarus merupakan pukulan yang berat bagi hidupnya. Bagi Marta semua berakhir dan Marta akan dipertemukan kembali dengan Lazarus ketika kebangkitan orang mati (Yohanes 11:24). Namun Yesus melihat dari sisi yang berbeda. Marta melihatnya sebagai masalah yang berat, Yesus melihatnya sebagai sarana untuk memuliakan Allah. Pada diakhir kisah itu, Lazarus dibangkitan dan nama Tuhan dipermuliakan (Yohanes 11:43-44).
Masalah seringkali mengalihkan perhatian kita dari pada Tuhan. Oleh sebab itu, dalam keadaan apapun tetap pandang Tuhan saja. Bersabar dan bertekunlah, sampai Tuhan menyatakan kemuliaan-Nya. SP

TUHAN SERINGKALI DIMULIAKAN, KETIKA KITA MAMPU MELEWATI PERSOALAN HIDUP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>