06 Desember 2013 – Belajar Perkara Kecil

Baca: Matius 6:25-34
“Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Matius 6:34)

Kisah seorang pembuat jam tangan yang berkata kepada jam tangan yang dibuatnya. “Apakah kamu sanggup untuk berdetak selama 31.536.000 kali selama setahun?” “Apa? Mana aku sanggup?” Kata jam terperanjat. “Bagaimana kalau 86.400 kali dalam sehari?” “Berdetak selama itu? Aku rasa, aku tak akan mampu,” jawab jam tangan lagi. “Baiklah, aku akan menguranginya lagi menjadi 3.600 kali dalam satu jam. Bagaimana? Sekarang kau pasti bisa, kan?” Tanya pembuat jam itu. “Berdetak selama itu, aku tak akan mampu. Aku pasti kelelahan,” jawab jam tangan. Lalu dengan penuh kesabaran, sang pembuat jam berkata lagi, “Kalau begitu, bagaimana bila kau berdetak satu kali setiap satu detik?” “Nah, kalau seperti itu aku pasti bisa.” Lalu jam tangan pun melakukan tugasnya, berdetak setiap satu detik satu kali. Dan tanpa terasa ia mampu menyelesaikan tugasnya selama satu tahun, yaitu berdetak selama 31.536.000 kali.
Mengerjakan satu per satu pekerjaan kita, itulah pesan yang bisa kita pelajari dari kisah di atas. Ya, tak dapat kita pungkiri bahwa kita selalu diperhadapkan dengan tugas-tugas kita setiap harinya. Entah itu sebagai pelajar dan pekerja pasti ada saja tugas yang harus kita selesaikan. Kita tidak dapat menyelesaikan tugas kita dalam jumlah yang banyak, oleh sebab itu firman Tuhan berkata “kesusahan sehari cukup untuk sehari.” Kerjakanlah tugas kita satu persatu, pekerjaan kita yang beratpun bisa dapat kita lalui.
Seberat apakah tugas Anda? Kerjakanlah hal itu satu persatu, serta libatkan Tuhan di dalamnya. Apa pun yang Anda kerjakan, lakukanlah semuanya dengan kasih. DN

PERKARA KECIL ADALAH JALAN MENUJU KEPADA PERKARA YANG BESAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>