16 Desember 2013 – Fabrice Muamba

Baca: I Samuel 7:1-14
“Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: “Sampai di sini TUHAN menolong kita.” ( I Samuel 7:12)

Fabrice Muamba, sempat mengalami serangan jantung dan jantunganya berhenti +78 menit. Namun, berhasil diselamatkan setelah 15 kali dilakukan kejutan listrik dan berhasil melewati masa krisis selama satu bulan. Muamba berkata, “Meski karier saya selesai sampai di sini dan harus berhenti bermimpi bermain di level yang lebih tinggi, namun saya bersyukur masih diberi kesempatan untuk hidup. Saya harus bangkit dan melanjutkan hidup.” Demikian kata-kata perpisahan Muamba saat mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola profesional pada tanggal 15 Agustus 2012 berdasarkan rekomendasi dari tim medis. Pada dasarnya dia begitu bersyukur akan keadaannya sewaktu ia sukses, maupun pada waktu ia harus berhenti bermain sepakbola.
Sikap Fabrice Muamba begitu berbeda dengan bangsa Israel yang diceritakan pada perikop kita hari ini. Orang Israel mencari Tuhan pada saat mereka terdesak, tetapi meninggalkan Tuhan saat mereka aman. Meskipun begitu, Tuhan tetap menolong Israel, setelah menjauhkan para Baal dan asytoret. Akhirnya Tuhan pun menjawab mereka dengan guntur dan mengacaukan orang Filistin, hingga terpukul kalah. Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana dan menamainya Eben-Haezer, yang artinya, “Sampai di sini Tuhan menolong kita.” Hal itu dibuat untuk mengingatkan kesetiaan Allah dan sekaligus kerinduan Tuhan agar bangsa Israel juga setia kepada Tuhan.
Muamba, karena faktor kesehatan membuatnya harus berhenti bermain bola, namun dapat tetap bersyukur. Itu yang Tuhan mau, tetap setia kepada-Nya dalam keadaan apapun. YN

JIKA PADA MASA LALU TUHAN TELAH MENOLONG MAKA MASA DEPAN PUN IA TETAP EBEN-HAEZER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>