27 Desember 2013 – Masalah, Tampilkan Keaslian

Baca: Mazmur 139:23-24
“Malah ada orang Ibrani yang menyeberangi arungan sungai Yordan menuju tanah Gad dan Gilead, sedang Saul masih di Gilgal dan seluruh rakyat mengikutinya dengan gemetar.” (I Samuel 13:7)

Orang Filistin telah mempersiapkan 3000 kereta, 6000 orang pasukan berkuda dan prajurit berjalan kaki yang tak terhitung, untuk maju berperang. Melihat hal itu, banyak rakyat Israel yang lari ketakutan dan bersembunyi di gua-gua, bahkan dalam sumur. Prajurit yang bersama Saul pun ikut gemetar ketakutan (I Samuel 13:5-7). Pada saat situasi seperti itu, nabi Samuel yang dinanti-nantikan selama 7 hari, tak kunjung muncul. Di tengah masalah besar seperti itu, Saul sangat tertekan. Dia melakukan sesuatu yang bukan wewenangnya, yaitu mempersembahkan korban bakaran (I Samuel 13:8,9). Justru karena hal inilah, Saul dipecat oleh Tuhan (I Samuel 13:10-13).
Mari kita renungkan kisah selanjutnya. Jika Tuhan sudah memecat dirinya (Saul) dan telah menunjuk orang lain untuk menggantikan, apa yang sebaiknya harus dilakukan? Jawabannya adalah: Saul harus taat! Tak lama sesudah firman Tuhan itu disampaikan (1 Samuel 13:4), Saul tahu, bahwa orang pilihan Allah yang akan menggantikan dirinya sebagai raja adalah Daud. Apa yang dilakukan Saul? Dia terus menerus mengejar Daud untuk dibunuh. Pertanyaan berikut: Hal itu berarti apa? Saul bukan hanya tidak taat, tapi menentang keputusan Allah dengan berusaha membunuh orang pilihan-Nya.
Keaslian Saul muncul, saat masalah menekan. Jadi, sebenarnya masalah yang diizinkan Tuhan terjadi dalam hidup kita, ada baiknya. Yaitu, kita tahu sifat asli diri sendiri dan orang lain. Masalah lain adalah, setelah muncul sifat yang jelek, apakah kita mau menyadarinya dan berubah dengan merespons yang baik? GS

BECIK KETITIK, ALA KETARA (BAIK ATAU BURUK, SUATU HARI PASTI AKAN TERSINGKAP JUGA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>