28 Desember 2013 – Kasih Dan Pengampunan

Baca: I Yohanes 4:7-21
“Saudara-saudaraku yang kekeasih, marilah kita saling mengasihi sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi lahir dari Allah dan mengenal Allah.” (I Yohanes 4:7)

Ada sepasang kakak beradik sedang berjalan di pantai, sang kakak mendorong adiknya ke pantai dan jatuh ke pasir. Sang adik sedih dan kemudian ia menulis di pasir: “Kakak nakal, dia mendorong saya sampai jatuh.” Beberapa hari kemudian mereka berjalan kembali di sebuah taman, tiba-tiba tanpa sengaja sang adik menyandung sebuah batu dan terjatuh. Kakaknya kemudian menolong dia, membangunkan dan membersihkan luka-luka sang adik. Sang adik merasa senang, lalu dia menuliskan pada sebuah pohon “Kakak menolong saya.” Lalu sang kakak bertanya, “Kenapa waktu kakak mendorong kamu di pantai kamu menuliskan apa yang saya lakukan di pasir? Sedangkan sekarang kamu menuliskan apa yang kakak lakukan di pohon?” Sang adik menjawab “Hal buruk yang kakak lakukan ku tulis di pasir, supaya aku dapat melupakannya, sedangkan kebaikan yang kakak lakukan aku tulis di pohon supaya aku tidak mudah melupakannya.
Dari sini kita belajar bahwa kehidupan ke-Kristenan adalah kita cepat melupakan kesalahan orang lain. Tetapi selalu mengingat kebaikan orang lain. Maukah kita menjadi orang yang berbahagia dan hidup yang berkenan kepada Allah? Belajarlah hidup di dalam kasih. Kasih yang nyata diwujudkan dalam pengampunan kepada orang lain yang bersalah pada kita.
Bila ada orang yang menyakiti hati Anda, segera lupakan kesalahannya. Berbuat kesalahan adalah manusiawi, tetapi memberikan pengampunan pada orang lain adalah rendah hati. Lupakan kesalahan teman Anda, ingatlah kebaikannya. Belajarlah membalas yang jahat dengan yang baik. JK

PENGAMPUNAN ADALAH CIRI KASIH KRISTUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>