30 Desember 2013 – Hidup Dalam Berkat

Baca: Ulangan 30:15-20
“Karena pada hari ini aku memerintahkan kepadamu untuk mengasihi TUHAN, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada perintah, ketetapan dan peraturan-Nya, supaya engkau hidup dan bertambah banyak dan diberkati oleh TUHAN, Allahmu, di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya.” (Ulangan 30:16)

Hidup dalam berkat Tuhan adalah pilihan, bukan suatu keadaan atau takdir bagi kita. Tuhan tidak pernah membuat takdir seseorang diberkati dan yang lain tidak bisa hidup dalam berkat. Firman-Nya menegaskan bahwa berkat Tuhan itu adalah pilihan, bukan suatu takdir bagi kita (ay.16). Percayalah kalau Allah itu adalah Pribadi yang suka memberkati umat-Nya, seperti halnya kita suka menerima berkat dari Tuhan. Tetapi kita harus mengerti juga bahwa Dia hanya memberkati mereka yang hidupnya berkenan kepada-Nya dan yang mempunyai tanggungjawab sebagai orang percaya. Oleh sebab itu, sebelum menerima dan menikmati berkat-berkat-Nya kita harus mencari perkenanan-Nya serta melakukan tanggungjawab tersebut.
Bacaan kita hari ini menjelaskan ada tanggungjawab dari orang yang siap untuk diberkati Tuhan, yaitu: mengasihi Tuhan (ay.16a). Mengasihi-Nya dengan waktu kita, ibadah, korban persembahan, kerinduan untuk selalu menyenangkan hati Tuhan dan hidup yang berpadanan dengan firman Tuhan. Orang yang mengasihi Tuhan adalah orang yang mau mendengarkan firman Tuhan dan melakukannya (ayat 20,16b). Setiap kebenaran firman Tuhan yang didengarkan harus segera dilakukan dengan kesetiaan dan kesungguhan hati.
Orang yang siap diberkati adalah mereka yang hatinya berpaut kepada Tuhan. Mau mendengarkan perintah-Nya dan melakukan apa yang Tuhan kehendaki. Semua perintah-Nya pasti dapat kita lakukan jika kita mengasihi-Nya, maka berkat-berkat-Nya akan senantiasa mengikuti kita. Periksa hati Anda, apakah sudah sungguh-sungguh mengasihi Tuhan Yesus? YMT

HIDUP DALAM BERKAT ITU PILIHAN; BUKAN TAKDIR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>