16 Januari 2014 – Minder, Atau Optimis

Baca: Matius 25: 14-30
“Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” (Yesaya 6:8a)

Ketika Allah bertanya, siapakah yang siap pergi untuk melaksanakan tugas, Yesaya menjawab: “Ini aku, utuslah aku !” (Yes. 6:8b). Optimis banget! Sebaliknya, waktu Allah berfirman akan mengutus Yeremia, yang satu ini ternyata minder dan menolak (Yeremia 1:4-6). Ratusan tahun sebelumnya, Musa juga menolak panggilan Allah, sehingga Allah murka: “Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Musa …” (Kel. 3:14a). Namun Yosua, ia tidak menolak panggilan Allah yang menetapkan ia menjadi penerus Musa (Yosua 1:1-9).
Ada yang minder, ada yang optimis. Manakah yang benar, seperti Musa dan Yeremia, atau seperti Yesaya dan Yosua? Baik minder maupun optimis, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan, orang minder, mereka tidak angkuh dan kelebihan orang optimis, mereka mau taat. Tapi, keburukan orang minder adalah, sudah menyerah sebelum bertanding. Ini seperti orang yang memendam Talenta, yang bikin Tuannya murka. “Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.” (Matius 25:30). Namun di sisi lain, ada bahaya bagi orang yang terlalu optimis. Anda harus benar-benar mewaspadai buku-buku yang menekankan tentang “Positif Thinking”. Karena secara langsung atau pun tidak, Allah disingkirkan. Mengapa? “Karena aku bisa.” Bahaya lainnya adalah over confident, atau “percaya diri yang berlebihan.” Ingat selalu, bahwa kita bisa berbuah, jika melekat pada pokok Anggur yang benar, Yesus Kristus (Yohanes 15:1,2).
Jadi, yang benar adalah: “Bersama Tuhan, aku bisa.” Lakukan semuanya dalam nama Tuhan. (Kolose 3:17). GS

BERSAMA TUHAN KITA LAKUKAN PERKARA BESAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>