24 Januari 2014 – Menimpa Atau Ditimpa?

Baca: Lukas 20:9-19
“Barangsiapa jatuh ke atas batu itu, ia akan hancur, dan barangsiapa ditimpa batu itu, ia akan remuk.” (Lukas 20:18)

Lukas 20:18 dalam bahasa Yunani diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris lebih tepat. Yaitu, yang menimpa batu akan pecah berkeping-keping. Sedang yang ditimpa batu akan hancur lebur. Ada pun yang dimaksud dalam ayat ini, Batu itu adalah Yesus Kristus. Dari satu sisi maknanya adalah, siapa pun yang coba-coba menyerang Batu Yesus Kristus, dia (mereka) akan hancur berkeping-keping.
Namun dari sisi yang lain, Yesus memberi peluang, sekaligus warning (peringatan). Yaitu, bahwa siapa pun yang menimpakan dirinya kepada “Batu Yesus Kristus” dengan hati hancur berkeping-keping, ia akan dipulihkan. Namun kalau tidak mau berserah pada Yesus Kristus saat ini, akan datang harinya, mereka akan ditimpa hukuman Allah, hingga hancur lebur, tanpa ada harapan untuk dipulihkan.
Hal ini dimengerti oleh para ahli Taurat dan imam-imam kepala, sehingga mereka marah besar (Lukas 20:19). Jadi perbedaannya yang hakiki adalah, kita sekarang rela hancur (hati) berkeping-keping dalam pertobatan dan iman pada Yesus, atau kelak akan “dihancur leburkan” (dihukum berat) oleh Allah dalam alam baka.
Ada tertulis dalam Alkitab: “TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.” (Mazmur 34:19). Dan selain bersemayam di sorga, Allah juga “bersama-sama orang yang remuk dan rendah hati, untuk menghidupkan semangat orang-orang yang rendah hati dan untuk menghidupkan hati orang-orang yang remuk.” (Yesaya 57:15). Bagaimana dengan Anda? GS

BERBAHAGIALAH ORANG YANG MENYERAHKAN DIRINYA KEPADA SANG JURUSELAMAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>