05 Februari 2014 – Jangan Suka Complain

Baca: I Korintus 4:6-21
“Sebab siapakah yang menganggap engkau begitu penting? Dan apakah yang engkau punyai, yang tidak engkau terima? Dan jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya?” (I Korintus 4:7)

Beberapa tahun lalu, saya membeli sebuah notebook. Setelah beberapa hari saya pakai, kemudian tiba-tiba notebook tersebut tidak dapat dioperasikan. Kontan saya kaget dan sempat panik. Karena saya merasa sudah membayar mahal untuk notebook tersebut, maka saya merasa punya hak untuk complain. Tentu, Anda pun juga akan melakukan hal demikian jika barang yang sudah Anda beli kualitasnya tidak memuaskan. Atau ketika menginap di hotel, AC tidak dingin, kita bisa complain, karena kita sudah membayar kamar tersebut.
Sikap seperti diatas seringkali kita terapkan kepada Tuhan bukan? Seolah-olah kita ini sedang berdagang dengan Tuhan. Bahkan kita kadang merasa pernah menguntungkan Tuhan dengan satu dan lain cara. Kita beranggapan sudah pelayanan setengah mati atau ketaatan total pada firman Tuhan, kita merasa sudah memberi banyak kepada Tuhan. Bukan hanya kolekte, perpuluhan dan bahkan setiap penggalangan dana gereja, kita selalu terlibat. Namun, ketika datang masalah, kita complain kepada Tuhan, karena pelayanan Tuhan yang kurang memuaskan bagi kita. Mari perhatikan nasihat Paulus kepada jemaat Korintus, “… Dan apakah yang engkau punyai, yang tidak engkau terima? Dan jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya?” (1 Korintus 4:7).
Seringkali kita beranggapan bahwa kita membeli segala yang kita punya dari Tuhan. Mari menyadari bahwa apa yang ada pada Anda adalah anugerah, jika yang baik belum datang, tetaplah berserah, jangan complain, dan tetaplah setia kepada-Nya. SP

BAPA KITA DI SORGA TIDAK AKAN MEMBERI ULAR JIKA ANAK-NYA MEMINTA ROTI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>