11 Februari 2014 – Sukacita Di balik Dukacita

Baca: Lukas 7:11-17
“Selanjutnya kami tidak mau, saudara-saudara, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang lain yang tidak mempunyai pengharapan.” (I Tesalonika 4:13)

Sadar atau tidak, hidup selalu mengalami dinamika kehidupan. Terkadang mengalami pasang surut, ada saat tenang dan saat tegang. Ada saat sukacita dan ada dukacita. Bagaimana sikap dan respons kita sebagai orang percaya, sekalipun hidup kadang tak sesuai harapan?
Injil Lukas mencatat, Yesus sedang pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Yesus dan murid-murid-Nya, juga orang banyak menjumpai orang-orang yang mengusung anak muda, anak tunggal dari seorang janda, tumpuan harapannya. Tidak heran jika sepanjang perjalanan ia menangis karena kehilangan anak satu-satunya. Perasaan kehilangan sangat wajar dan setiap orang mengalaminya bukan? Bagaimanakah dengan nasib janda ini? Orang-orang di kota itu tidak bisa berbuat apa-apa. Harapan janda ini pupus sudah. Hidupnya dirundung dukacita. Kedukacitaan janda ini berubah seketika, saat ia bertemu dengan Yesus. Tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan terhadap persoalan janda Nain ini. Suasana hati yang sedih dan raut wajah yang berlinang air mata mengiring peti jenazah anaknya, berubah menjadi sukacita, sebab anaknya telah bangkit. Reaksi yang terjadi ialah sebagian orang ketakutan dan sebagian memuliakan Allah karena Allah telah melawat umat-Nya.
Apa pun masalah yang menyebabkan Anda berdukacita, Yesus sanggup mengubahnya menjadi sukacita. Belas kasihan-Nya telah menembus kemustahilan dan ketidakmungkinan. Yesus yang sama, yang telah merubah dukacita janda itu menjadi sukacita, juga sanggup merubah dukacita Anda. YN

YESUS HADIR MEMBERI PENGHARAPAN DITENGAH KEMUSTAHILAN DAN SUKACITA DI BALIK DUKACITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>