17 Februari 2014 – Tidak Mau Dibebaskan

Baca: Yohanes 3:1-21
“Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.” (Yohanes 3:19)

Orang yang ada dipenjara biasanya ingin segera dilepaskan agar bisa menghirup udara bebas lagi. Namun, ada juga orang yang ingin tetap dipenjara. Pada tahun 1789, ketika penjara Bastille, Perancis hendak dihancurkan, seorang nara pidana yang sudah lama mendekam di dalamnya dikeluarkan. Tentunya, hal ini membuat senang atas pembebasan itu, narapidana itu justru memohon agar dia dibawa kembali ke sel bawah tanah. Dia sudah begitu lama mendekam dalam kegelapan sehingga sinar matahari menyilaukan dan membutakan matanya. Di samping itu, teman-temannya juga sudah mati, dia tidak memiliki rumah dan bahkan keluarga. Keinginan utamanya saat itu adalah dia bisa mati dipenjara yang sudah begitu lama mengurungnya.
Pada waktu Yesus bercakap-cakap dengan Nikodemus Yesus sedang meyakinkannya bahwa Ia adalah Mesias yang dijanjikan itu. Yesus adalah terang yang telah datang untuk mengusir kegelapan dosa. Namun, ada banyak orang yang tidak mau menerima-Nya sebagai terang, karena terbiasa hidup di dalam kegelapan yang jahat. sehingga, mereka menolak Yesus sebagai terang hidup. “…Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.” (Yohanes 3:19).
Ada banyak orang yang sulit untuk berubah menjadi baik, karena mereka terbiasa hidup di dalam dosa. Meskipun mereka sudah menjadi orang Kristen, namun kehidupan lamanya masih dilakukan. Jika saja mereka mau sungguh-sungguh untuk menjadi pengikut Yesus, pasti dapat berubah oleh pertolongan Roh Kudus. Sudahkah Anda sungguh-sungguh mengikut Kristus? SP

BACA FIRMAN TUHAN SETIAP HARI, AGAR HIDUP ANDA SENANTIASA HIDUP DI DALAM TERANG TUHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>