20 Februari 2014 – Ezra Diberi Keistimewaan

Baca: Ezra 7:1-28
“Ezra ini berangkat pulang dari Babel. Ia adalah seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa yang diberikan TUHAN, Allah Israel. Dan raja memberi dia segala yang diingininya, oleh karena tangan TUHAN, Allahnya, melindungi dia.” (Ezra 7:6)

Raplh Waldo Emerson berkata, “Percayalah kepada orang lain, dan mereka akan tulus kepada Anda. Perlakukanlah mereka seperti orang besar dan mereka akan memperlihatkan dirinya sebagai orang besar.” Dengan demikian betapa bernilainya sebuah kepercayaan yang kita berikan kepada orang lain.
Siapakah Ezra? Dia adalah salah satu dari orang-orang Israel yang dibuang ke Babel. Menjadi orang buangan tidak selamanya tidak memiliki pengharapan. Sebaliknya Ezra di pembuangan berhasil menjadi orang kepercayaan raja Artahsasta untuk membangun kembali Bait Allah di Yerusalem. Apakah tidak ada orang lain yang terhormat di Babel yang bisa diutus oleh raja? Raja Artahsasta tentunya tidak salah pilih orang bukan? Mengapa Ezra begitu istimewa di mata raja, meski sebagai seorang buangan di Babel? Jawabanya ialah Ia memiliki kehidupan yang berbeda. Seorang yang mengasihi Tuhan dengan segenap hati. Bahkan ia dikenal sebagai seorang yang ahli dalam hal Taurat Tuhan. Itu sebabnya raja memberikan segala yang diingininya (ayat 6). Tetapi memiliki hidup yang berbeda seperti Ezra merupakan kehendak Tuhan bagi Anda. Ketika sebagian orang merenungi nasib di pembuangan, sebaliknya Ezra malah bertekun meneliti dan merenungkan Taurat Tuhan siang dan malam. Tidak hanya itu saja, tetapi ia mengajar dan mendidik orang Israel buangan di Babel mengenai Taurat Tuhan.
Kehidupan Ezra telah memberi kesaksian teladan hidup bagi bangsanya. Karena itu raja mengutusnya. Apakah Anda, orang yang dapat dipercayai? YN

SITUASI DAN KONDISI TIDAK DAPAT MEMBATASI UNTUK ANDA MENJADI ORANG DIPAKAI OLEH TUHAN

One Response to 20 Februari 2014 – Ezra Diberi Keistimewaan

  1. yang jadi pertanyaan saya sejak dulu ialah.. mengapa beliau (Ezra) sampai harus dibuang ke Babel?

    mohon pencerahannya, terimakasih :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>