22 Februari 2014 – Apakah Permohonan Anda

Baca: Matius 6:25-34
“Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” (I Tawarikh. 4:10)

Salah satu permohonan yang terkenal dalam Alkitab adalah “Doa Yabes”. Dan hebatnya, doa tersebut dikabulkan Allah. Siapakah yang tidak setuju dengan doa Yabes, siapa yang tidak mau? Banyak jemaat yang ingin “mengikuti jejak” Yabes, orang Yehuda itu. Semoga saja Allah berkenan mengabulkan doa-doa tersebut. Akan tetapi, dalam Alkitab ada jenis doa yang lain. “Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. Supaya, kalau aku kenyang, aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku” (Amsal. 30:7-9). Nah, sekarang Anda lebih cenderung setuju yang mana, doa Yabes atau doa menurut Amsal?
Namun, Yesus mengajarkan doa yang lain: “Berikanlah pada hari ini makanan kami yang secukupnya.” (Matius. 6:11). Doa Bapa Kami, yang diajarkan Yesus ini cenderung lebih dekat dengan doa dalam Amsal 30:7-9. Secukupnya, sedang-sedang saja. Lalu, mana yang benar? Salahkah doa Yabes? Kalau salah, mengapa dikabulkan oleh Allah Yehova? Jawabannya adalah, seperti apa “kelas rohani” atau karakteristik pribadi Anda.
Ada yang setelah jadi terpandang dan hidup berlimpah, mereka jadi angkuh dan lupa diri. Namun yang lain, jumlahnya sedikit. Walau mapan dan makmur, mereka tetap setia pada Allah dan tetap rendah hati. GS

DOA YABES TERWUJUD DALAM HIDUP KITA, WHY NOT? ASAL TIDAK LUPA DIRI. PRAISE THE LORD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>