13 Maret 2014 – Komitmen Untuk Setia

Baca: Amsal 25:1-28
“Seperti sejuk salju di musim panen, demikianlah pesuruh yang setia bagi orang-orang yang menyuruhnya. Ia menyegarkan hati tuan-tuannya.” (Amsal 25:13)

Dalam kehidupan kita tentu banyak menemui bermacam-macam karakter orang. Sebagian kita tentu mempunyai banyak teman yang baik terhadap kita, tetapi banyakkah teman Anda yang setia? Seseorang mendefinisikan sebuah komitmen demikian, “Komitmen dapat dimaknakan dengan berpegang teguh dan fokus pada keputusan yang diambil, tanpa mempertanyakan apa-apa lagi, apapun keadaan yang akan berlangsung. Dan biasanya sesuatu yang akan membuat seseorang memikul resiko dan konsekuensi dari keputusannya tanpa mengeluh, dan menjalaninya dengan penuh rasa syukur sebagai bagian dari kehidupan yang terus berproses. Komitmen disini adalah mencoba menerima apa pun yang terjadi dengan segala kekurangan dan kelebihan yang mengiringinya.”
Penulis Amsal, begitu mengagumi seorang yang setia. Ia tidak berkata bahwa yang menyenangkan hati seorang tuan adalah pekerjaannya yang baik atau pun hasil yang memuaskan. Tetapi Amsal melihat sisi yang lain, yaitu sebuah kesetiaan dan tentu hal itu lahir dari sebuah komitmen (Amsal 25:13). Orang dapat berbuat baik, namun pada suatu waktu, mungkin orang yang berbuat baik itu berubah sikap baiknya. Namun orang yang setia adalah orang yang penuh dengan komitmennya untuk mempertahankan sikapnya yang sudah menjadi keputusannya.
Komitmen dalam kesetiaan sangat diperlukan untuk sebuah hubungan pernikahan, pekerjaan dan bahkan pelayanan. Kebaikan, kasih, hasil pekerjaan yang baik memang perlu, tetapi komitmen akan memampukan kita tetap menghasilkan yang baik. Maukah Anda berkomitmen untuk setia dalam hal-hal yang baik? SP

BANYAK ORANG MENYEBUT DIRI BAIK HATI, TETAPI ORANG YANG SETIA, SIAPAKAH MENEMUKANNYA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>