19 Maret 2014 – Melatih Otot Sukacita

Baca: Kisah Para Rasul 20:1-38
“Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” (Kisah Para Rasul 20:35)

Apakah Anda suka berolah raga? Saya suka bermain futsal (sepak bola indoor). Jika dalam tiga minggu lebih saya tidak bermain bola, kemudian saya bermain, saya akan merasakan otot-otot kaki sakit dan terasa kaku. Tetapi jika berjalan setelah dua kali berturut-turut, maka otot-otot yang kaku itu tidak terasa lagi. Ternyata otot kita dapat menyesuaikan, jika kita lakukan dengan rutin. Saya kira, bukan hanya olah raga sepak bola, tetapi olah raga yang lain pun juga harus dilakukan dengan rutin agar otot-otot kita dapat menyesuaikan.
Menurut Rick Warren, sikap hidup yang bersukacita itu seperti otot. Semakin sering Anda melatihnya, maka ia akan semakin kuat. Rick Warren, memberikan cara latihan untuk mengembangkan sukacita. Yaitu, dengan tantangan melakukan empat hal yang ia sarankan dalam waktu enam bulan ke depan. “Saya jamin Anda akan menjadi orang yang lebih positif dan bersukacita. Hal ini berhasil dalam kehidupan saya beberapa tahun yang lalu ketika saya memutuskan untuk melakukannya.” Salah satu diantaranya adalah, galilah sukacita batiniah dengan cara memberi. “Adalah lebih berbahagia memberi dari menerima” (Kisah Para Rasul 20.35).
Tips yang sesuai dengan firman Tuhan bukan? Mari kita belajar mengembangkan hidup bersukacita dengan memberi. Rick Warren menganjurkan membiasakan memberi dalam waktu enam bulan. Jika hal itu berhasil, maka hidup kita akan penuh dengan sukacita. Hari-hari Anda penuh dengan kesedihan, belajarlah memberi. SP

MEMBERI DENGAN SUKACITA, BERARTI SEDANG MEMBUKA DIRI UNTUK MENERIMA DARIPADA-NYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>