18 April 2014 – Doa Tuhan Yesus

Baca: Matius 26:36-46
“Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kataNya: “Ya BapaKu, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari padaKu, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki” (Matius 26:39).

Dalam bacaan hari ini, kita temukan lima prinsip doa yang benar yang diteladani sendiri oleh Tuhan Yesus ketika berdoa ditaman Getsemane. 1). Doa seorang diri. Ketika Tuhan membutuhkan doa dari murid-muridNya, khususnya tiga murid yang paling dekat, yaitu Petrus Yohanes dan Yakobus. Namun tiga kali pula Tuhan mendapatkan mereka bertiga bukannya ikut berdoa, malah mereka tidur.
Doa keluarga, doa bersama jemaat, doa syafaat, doa di Gereja memang baik dan penting, namun doa pribadi sangat penting bagi Anda. 2). Doa dengan kerendahan hati. Lukas mencatat Tuhan ‘berlutut dan berdoa’ (Lukas 22:41), Matius mencatat Tuhan ‘sujud dan berdoa’ (Matius 26:39). Terjemahan lain dikatakan, ‘tersungkur dengan muka ketanah.’ Dialah hamba yang rendah-hati 3). Doa seorang anak kepada bapanya. (Mat ius26:39). Yesus dengan jujur dan terbuka menaikkan doa kepada Bapa disurga. 4). Doa yang gigih. “Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa, PeluhNya menjadi seperti titik-titik darah…” (Lukas 22:44). 5). Doa siap menerima kehendak Bapa. Bukankah ini sesuatu yang luar biasa, disatu sisi Tuhan berdoa dengan sungguh-sungguh sampai peluh-Nya seperti titik-titik darah, namun disisi yang lain Tuhan berdoa ‘bukanlah kehendakKu, melainkan kehendakMulah yang terjadi’.
Bisakah Anda berdoa seperti Tuhan, berdoa sungguh-sungguh untuk bersedia menerima apapun kehendak Bapa disurga? Mari kita berdoa seperti Tuhan berdoa. TL.

ADA KEMENANGAN DALAM PENYERAHAN JIKA PENAKLUKNYA ADALAH KRISTUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>