29 November 2014 – Memilih Jalan Kehidupan

Baca: Ulangan 30:11-20
“Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu.” (Ulangan 30:19)

Kepada kita akan selalu diperhadapkan pilihan-pilihan; maju atau mundur, berkata jujur atau berbohong, berlaku setia atau berkhianat, memberikan bantuan atau tidak ambil peduli, mengumpat atau menahan diri, dan sebagainya. Apa yang kita pilih itu bisa jadi akan sangat menentukan cerah suram, senang susah, baik buruknya kehidupan kita pada masa depan.
Dalam pidato perpisahannya, Musa juga menghadapkan pilihan kepada umatnya; kehidupan dan keberuntungan, atau kematian dan kecelakaan (ayat 15). Pilihan apa pun ada risikonya, baik atau buruk. Musa menasihatkan supaya mereka memilih apa yang baik dan benar, sehingga mereka dapat memetik buah yang manis (ayat 20). Ini bisa menjadi panduan buat kita ketika kita harus memilih: kapan pun dan dalam hal apa pun, pilihlah apa yang berkenan kepada Allah. Orang yang memilih untuk mengasihi Tuhan dan hidup menurut jalan-Nya, sudah jelas masa depannya: “hidup” (19). Anda juga memilih melalui kata-kata. Anda dapat memberkati masa depan atau bahkan mengutuk masa depan Anda sendiri melalui kata-kata Anda.
Kata-kata Anda mempunyai kuasa kreatif.
Jikalau Anda ingin mengetahui bagaimana hidup Anda lima tahun kemudian, perhatikan kata-kata Anda hari-hari ini khususnya terhadap diri Anda sendiri! Jangan mengeluarkan kata-kata negatif, seperti, “Aku tidak akan pernah beruntung!”; “Aku tidak akan bisa melunasi hutang-hutangku”; “Penyakit flu sedang merajalela saat ini!” Mari memilih jalan kehidupan. TL

HIDUP MANUSIA BUKAN BERGANTUNG PADA NASIB TAPI TERGANTUNG PILIHAN SENDIRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>